Persyaratan SKCK

Persyaratan mendapat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) :

  1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan menunjukan KTP Asli;
  2. Fotocopi Kartu Keluarga;
  3. Fotocopi Akta Kelahiran / Kenal Lahir;
  4. Fotocopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;
  5. Pasfoto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, pasfoto sebagaimana dimaksud latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab pasfoto harus tampak muka secara utuh;
  6. Bagi pemohon yang akan keluar negeri, selain melengkapi persyaratan sebagaimana dimaksud diatas wajib dilengkapi dengan fotocopi paspor.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon datang dengan membawa persyaratan yang telah di tentukan;
  2. Petugas pelayanan SKCK melakukan pengecekkan kelengkapan berkas pemohon;
  3. Apabila berkas telah dinyatakan lengkap dan sesuai oleh petugas pelayanan SKCK pemohon diberikan blangko screening;
  4. Pemohon mengisi blangko screening sesuai petunjuk yang telah di berikan;
  5. Setelah pemohon telah mengisi blangko screening pemohon diarahkan untuk melakukan sidik jari;
  6. Bagi pemohon yang telah memiliki rumus sidik jari pada SKCK lama tidak dilakukan pengambilan sidik jari namun melampirkan SKCK lama dimaksud;
  7. Setelah berkas lengkap pemohon membayar PNBP diloket SKCK maupun via transaksi bank ke rekening Benma Polresta Samarinda;
  8. Kemudian petugas memberikan nomer antri kepada pemohon SKCK;
  9. Petugas pelayanan SKCK melakukan penelitian berkas SKCK dan proses pengetikan SKCK;
  10. Setelah berkas di ketik diajukan kepada Kasat Intelkam atau Kapolresta Samarinda, setelah SKCK ditandatangani petugas melakukan penomoran di buku registrasi, menempel foto pemohon pada lembar SKCK dan di cap stempel;
  11. Petugas memanggil pemohon sesuai nomor antrian dan memberikan SKCK yang telah selesai diproses;
  12. Pemohon mengisi buku pengambilan.

Waktu

Jam pelayanan

  • Senin s.d Kamis dari Pkl 08.00 s.d 15.00 Wita
  • Jum’at dari Pkl 08.00 Wita s.d 16.00 Wita

Target Penyelesaian

  • 15 Menit

Biaya SKCK sebesar Rp. 30.000 (Tiga puluh ribu rupiah) sesuai dengan PP RI NO. 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku di lingkungan Polri.

Pengelolaan pengaduan masyarakat

Pada Polresta Samarinda pengaduan disampaikan melalui :

  1. Kotak saran / pengaduan
  1. Telp : 082339412999 dan 08125510250
  2. Fax : (0541) 733925 – 202100
  3. Email : skcksamarinda@gmail.com
  4. Pelaksana SKCK Unit SKCK Polsekta Jajaran Polresta Samarinda.
  • Polsekta Sungai Pinang           : 085246992222
  • Polsekta Samarinda Ilir           : 08125821392
  • Polsekta Samarinda Seberang  : 085387991131
  • Polsekta Samarinda Ulu          : 08125872614
  • Polsekta Sungai Kunjang         : 082250001009
  • Polsekta Palaran                    : 081347276427

Pengelolaan pengaduan

  1. Apabila ada pemohon yang menyampaikan pengaduan melalui sarana yang telah disampaikan maka petugas akan melakukan rekapitulasi dan pendataan.
  2. Melakukan tindak lanjut sesuai dengan saran dan masukan para pemohon SKCK.